Tips Memilih Rumah Idaman yang Tepat untuk Anda

Rumah Idaman

Ketika Anda memilih rumah harus benar-benar telah memastikan dari segala aspek supaya Anda tidak kecewa di kemudian hari.

Perumahan dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang mencari rumah.

Anda tentu ingin juga memiliki rumah yang nyaman, aman, dan bisa ditempati seumur hidup bersama-sama anggota keluarga Anda.

Kenyamanan dan keamanan menjadi faktor utama kita tinggal di rumah dan merasa betah untuk menempatinya dalam jangka waktu yang lama.

Nah, untuk mendapatkan rumah idaman bagi Anda, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Dan ini adalah tips memilih rumah idaman bagi Anda.

1. Pemastian Legalitas

Terdapat dua status rumah yang biasanya pihak properti menyediakan sertifikat untuk rumah yaitu status SHM (Sertifikat Hak Milik) dan SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan).

Jadi, pastikan ketika Anda membeli rumah dengan status Hak Milik dan HGB. Karena pihak bank hanya akan menyetujui kedua status tersebut. 

Jika status rumah Anda masih bentuk girik, Anda harus mendaftarkan ke BPN untuk dijadikan status Hak Milik.

2. Memilih Lokasi

Tips selanjutnya adalah memilih lokasi. Ada tiga hal yang perlu Anda ketahui ketika memilih rumah seperti peruntukkan yang sesuai, mudah diakses, dan prospektif yang bagus.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa mencari rumah sama seperti mencari jodoh. Tidak hanya dilihat dari wujud fisik rumahnya saja tetapi juga mengikut sertakan insting atau menggunakan feeling.

Banyak bertanya ke orang sekitar untuk mendapatkan informasi yang akurat terhadap lokasi perumahan yang akan Anda tempati nanti.

3. Status Rumah

Pengembang perumahan biasanya memberikan dua opsi yaitu rumah yang siap huni dan rumah indent (maksudnya Anda memesan atau membayar rumah terlebih dahulu).

Yang membedakan adalah kalau rumah siap huni, ini adalah rumah yang sudah jadi dan siap ditempati oleh Anda. Anda bisa melihat rumah tersebut bahkan bisa langsung menempati tentunya setelah membayar dan akad kredit telah disetujui oleh pihak bank.

Sedangkan rumah indent, Anda bisa memilih lokasi dari gambar peta situs yang disediakan oleh pengembang perumahan dan selanjutnya Anda akan menunggu beberapa bulan untuk tahap proses pembangungan rumah.

4. Harga Rumah 

Faktor ini sangat perlu Anda pertimbangkan, jangan sampai Anda lebih mengutamakan impian memiliki rumah yang luas dan mewah.

Tapi sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda juga. Meskipun pihak developer perumahan menyediakan kredit/cicilan tetapi ini tidak memberatkan Anda untuk pembayaran bulannya.

Leave a Reply